Sunday, December 1, 2013

International Day Festival 2013 di SMART EI


Dari sebuah pembelajaran "kecil" di kelas, akhirnya jadi sebuah festival umum.

Tadinya acara ini dirancang sebagai bagian kegiatan pembelajaran IPS Terpadu untuk kelas 2 di SMART Ekselensia Indonesia, materinya Negara Maju dan Negara Berkembang. Saya akan buat kelompok2 yang akan membuka area pameran di kelas untuk menjelaskan perkembangan teknologi dan keragaman budaya di lima benua. Modelnya seperti Kelas Lembaga Keuangan begitu deh. Nanti siswa lain serta para ustad dan ustadzah bisa mengunjungi dan mendapatkan informasi dari para penunggu pameran.

Lalu ide ini didengar ibu Kepala Sekolah, usatadzah Eka Kurniasih, yang malah memberi tantangan untuk memperbesar skala kegiatan. "Bagaimana kalau pameran ini diadakan dengan mengundang tamu dari sekolah lain?" usul beliau. Hmmm. Boleh juga. Maka perluasan ide ini saya bicarakan dengan para siswa kelas 2, yang saat ini adalah angkatan 9 SMART EI. Pikir2 sebentar, ternyata mereka setuju! Mari kita lanjutkan ...!

Satu hal baru harus dipikirkan. Bila ada undangan dari luar SMART untuk acara ini, haruslah ada kegiatan lebih dari sekadar pameran untuk menarik mereka hadir. Tercetus ide mengadakan lomba, sehingga acara ini pun menjadi festival untuk memperluas pengetahuan dan uji kemampuan bagi pengunjung. Buat para siswa angkatan 9, ini juga kesempatan untuk mengadakan acara yang punya skala cukup besar dalam hal tanggungjawab karena berhubungan dengan kepuasan pengunjung dari luar sekolah.

Menggandeng beberapa ustad dan ustadzah untuk ikut membantu dalam kepanitiaan, yaitu ustadzah Imtinanika Syahara, ustadzah Uci Febria, ustadzah Retno Handayani, ustadzah Tri Artivining, dan ustad Imam Matin, maka resmilah acara bertajuk "International Day Festival 2013" ini mengundang siswa2 dan guru dari Sekolah2 Dasar di sekitar Kecamatan Jampang. Selain pameran, ada pula lomba melukis untuk siswa kelas 3-4 SD dan lomba cerdas cermat untuk siswa kelas 5-6 SD. Agar ceria, maka temanya adalah "One Happy World Together" :)

Pin yang dibuat oleh Vikram, Cici dan Ade Putra
Hari-H ditetapkan pada akhir November, yaitu Sabtu (30/11) kemarin. Sebelumnya para siswa telah mengantarkan undangan ke belasan SD dan setelahnya menunggu dengan harap2 cemas akan berapakah sekolah yang bersedia hadir. Biaya pendaftaran yang dibuat gratis akhirnya bisa mendatangkan lebih dari 10 sekolah untuk mendaftar. Sebuah capaian yang menjanjikan untuk sebuah acara yang diselenggarakan oleh siswa tingkat 2 SMP ya... :p

Pada malam hari sebelum kegiatan, beberapa persiapan akhir masih dilakukan, baik untuk persiapan pameran maupun pembuatan soal cerdas cermat.

Bendera negara2 dunia sepanjang koridor menuju "panggung utama"
Para peserta diajak bersemangat bersama di pagi hari

Ada dongeng oleh Kak Rizal, angkatan 10 SMART EI
Pembukaan oleh Kepala SMP SMART EI, ustadzah Eka Kurniasih
Tim yel-yel panitia

Pengunjung gelombang pertama di stand Asia

Kak Aziz bersemangat menjelaskan mengenai wilayah Amerika

Kak Ihsan laris manis di stand kawasan Oceania (foto atas) juga Kak Ibnu, Kak Azzam dan Kak Aji di stand Eropa (foto bawah).



Para pemenang lomba melukis (foto atas) dan lomba cerdas cermat (foto bawah)


Gaya panitia setelah acara selesai

No comments:

Post a Comment